Thursday, April 18, 2013

ETHOS KERJA KRISTIANI

    ETHOS KERJA KRISTIANI
                                                          oleh: Hans E. Kawulusan

Kolose 3: 23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Ethos kerja kristiani dilandasi oleh Kolose 3: 23, bahwa semua yang kita kerjakan, perbuat, atau lakukan, haruslah kita lakukan seolah-olah kita kerjakan demi Tuhan dengan catatan:

A. Karena untuk Tuhan maka pekerjaan itu akan kita lakukan dengan penuh sukacita, penuh kegembiraan, penuh kebahagiaan, dan dengan sepenuhhati.
B. Karena untuk Tuhan maka tentunya karyawan ingin agar apa yang dihasilkan dari pekerjaan itu adalah yang terbaik, kualitas yang tertinggi.
C. Karena untuk Tuhan maka kita akan melakukan semua tugas dengan rajin dan tidak akan bermalas-malas.
D. Karena untuk Tuhan maka semua karyawan akan bekerja saling mendukung dalam suatu sistem kerjasama yang sempurna dengan rekan-rekan sekerjanya.
E. Karena untuk Tuhan maka kita ingin agar pekerjaan itu dapat selesai secepatnya.
F. Karena untuk Tuhan maka kita ingin pekerjaan itu kita selesaikan dengan seefisien mungkin.
G. Tuhan akan berkenan atas karya kita karena hasilnya mendukung MISI TUHAN (Hukum Kehidupan) bagi semua Ciptaanya yaitu membahagiakan mereka yang membelinya.

Kalau semua pegawai, karyawan dan pekerja suatu perusahan--besar atau kecil--bekerja dengan ETHOS KERJA KRISTIANI seperti itu maka:

1. Semua perusahan akan menghasilkan komoditi yang akan dibeli oleh masyarakat dengan senanghati karena kualitas dan harga yang tepat.
2. Semua perusahan akan membayar gaji yang tepat dan membahagiakan semua pegawai dan karyawannya.
3. Perusahan dengan penuh rasa tanggungjawab akan membayar seamua kewajiban pajaknya kepada Negara.
4. Pemilik dan Pimpinan perusahan akan menikmati investasinya dengan penuh sukacita, penuh damai sejahtera, dan tanpa beban.
5. Bila semua pegawai, karyawan, dan pekerja melakukan semua tugas dan kewajibannya dengan menerapkan ETHOS KERJA KRISTIANI seperti itu maka perusahan akan bertumbuh dan berkembang, dan terus berkembang.
6. Masyarakat, bangsa dan negara akan terus berkembang menjadi makmur, berkeadilan sosial, dan damai sejahtera di dalam Tuhan.
7. Karya Tuhan terwujud didalam masyarakat, bangsa dan negara Republik Indonesia yang diberkati-Nya.

Haleluya, Amin! 

Hans E. Kawulusan
Jakarta, 15 Maret, 2011

No comments: